Sabtu, 25 September 2010

Bab 4 Pentingnya Zakat dan Keutamaannya - Hadits ke 2 dan 3

Hadits ke-2

Dari Abu Darda' r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Zakat adalah jembatan ( bagi kekuatan  ) Islam." (H.R. Thabrani, Targhib).

Keterangan:
Sebagaimana jembatan yang kokoh dapat digunakan sebagai sarana untuk mencapai suatu tempat dengan mudah, maka zakat merupakan sarana dan jalan untuk sampai kepada hakikat Islam dengan mudah, atau sampai ke hadirat Allah swt.. Abdul Azis bin Umair rah.a. cucu Umar bin Abdul Aziz rah.a. berkata, "Shalat akan membawamu pada setengah perjalanan ke hadirat Allah swt.. Puasa akan membawamu sampai ke pintu gerbang Raja. Dan sedekah akan membawamu ke hadapan Raja. ( Kitab Ithaf )
Terdapat hubungan antara zakat dengan jembatan sebagaimana diungkapkan oleh Syaqiq Balkhi rah.a.. Ia berkata, "Kami mencari lima perkara, dan mendapatinya di lima tempat. Kelima perkara tersebut adalah mendapatkan keberkahan rezeki melalui shalat dhuha, cahaya kubur melalui shalat tahajjud, menjawab pertanyaan Mungkar dan Nakir melalui membaca Al-Qur'an, mudah melewati jembatan Shirat melalui sedekah dan puasa, serta mendapatkan naungan di bawah 'Arsy Allah pada Hari Kebangkitan melalui khalwat (mengingat Allah dalam kesunyian). ( Fadha'ilush-Shalah ).

Hadits ke-3


Diriwayatkan dari Jabir r.a., bahwa seorang laki-laki berkata, "Ya Rasulullah, bagaimanakah pendapat engkau jika seseorang telah menunaikan zakat hartanya?" Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang telah membayar zakat hartanya, maka benar-benar telah hilang darinya keburukan harta tersebut." (H.R Thabrani, Ibnu Khuzaimah, Hakim; Targhib)

Keterangan
Dalam beberapa riwayat, masalah tersebut telah dijelaskan sebagai berikut, "Jika kamu telah membayar zakat hartamu, maka kamu telah menghilangkan keburukan harta tersebut, ( Kanzul-'Ummal ) . Maksudnya adalah bahwa harta dapat menyebabkan terjadinya banyak keburukan. Akan tetapi jika zakatnya ditunaikan dengan penuh perhatian, maka akan selalu selamat dari keburukan yang ada. Jelasnya, jika seseorang telah menunaikan zakat yang diwajibkan atasnya, maka ia akan diselamatkan dari azab akhirat. Zakat juga menjamin dilindunginya harta tersebut selama di dunia. Sebagaimana hadits yang akan dikutip hadits ke 6 bab IV mendatang, jika zakat tidak ditunaikan, maka harta akan musnah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

This blog wanna share to all of you about greatness and amazing benefit of sedekah or giving. You wanna find that if we make sedekah, it will not decrease your wealth.

Let's read and get yourself enlightened !!

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP