Selasa, 13 Oktober 2009

Bab IV Pentingnya Zakat dan Keutamaannya - Hadits ke-1

Hadits-hadits Mengenai Membayar Zakat

Hadits ke-1


“ Dari Ibnu Abbas r.huma., ia berkata,” Ketika ayat:


Turun, kaum muslimin merasa sangat berat. Maka Umar r.a. berkata,” Saya akan menyelesaikan kesulitan kalian.” Setelah berkata demikian, ia menjumpai Rasulullah kemudian berkata,” Wahai Rasulullah saw., sesungguhnya ayat ini terasa berat bagi shahaba-shahabatmu.” Maka Rasulullah saw bersabda,” Allah swt tidak mewajibkan zakat, kecuali untuk membersihkan harta kalian yang tersisa, dan mewajibkan warisan, supaya harta tetap tersisa untuk orang-orang setelah kalian.” Karena gembiranya, Umar r.a. bertakbir, kemudian Rasulullah saw. bersabda,” Maukah aku beritahukan kepadamu sesuatu yang baik untuk disimpan?” Yaitu wanita shalihah yang jika suaminya memandangnya, maka ia merasa senang, jika suaminya memerintahnya, maka ia mentaatinya, dan jika suaminya pergi, maka ia menjaganya.” ( HR Abu Daud- Misykat )

Keterangan


Ayat yang disebutkan dalam hadits ini telah dikutip dalam Bab II ayat ke-5. Dari ayat ini dapat diketahui dengan jelas bahwa menimbun harta dengan segala bentuknya, betapapun harta itu sangat diperlukan, dapat menyebabkan azab yang keras di akhirat. Karena mengamalkan perintah Allah swt dan Rasul-Nya merupakan ruh para shahabat r.hum., dan menyimpan uang untuk berbagai keperluan terkadang memaksanya untuk menyimpan uang, maka hal ini sangatlah mengejutkan para shahabat r.hum. Karena itulah hal ini dirasakan sangat berat. Untuk menghilangkan kegelisahan mereka, maka Umar r.a. segera menjumpai Rasulullah saw untuk meminta penjelasan mengenai ayat tersebut. Rasulullah saw menghiburnya dengan bersabda,” Zakat telah diwajibkan karena setelah menunaikannya, sisa hartanya akan menjadi bersih.” Dan ini menjadi dalil dibolehkannya mengumpulkan harta karena menunaikan zakat diwajibkan jika harta itu terus ada ( outstanding ) selama satu tahun. Mengapa menyimpan harta tidak boleh, dan mengapa zakat diwajibkan? Dari keterangan ini dapat diketahui betapa besar keutamaan membayar zakat karena bagi orang yang membayar zakat akan mendapatkan pahala tersendiri, dan sisa hartanya menjadi bersih dan baik. Di dalam Al Qur’an terdapat suatu keterangan yang menjelaskan tentang pengaruh penyucian harta melalui zakat, yaitu:




“ Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan harta itu, kamu membersihkan dan menyucikan mereka ( dari pengaruh dosa-dosa ). Dan bershalawatlah kepada mereka. Sesungguhnya shalawatmu itu ketenangan bagi mereka.” ( QS At Taubah: 103 )

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda,” Tunaikanlah zakat dari harta kalian, karena zakat akan menyucikan kalian. ( Kanzul Ummal ). Dalam riwayat yang lain, Rasulullah saw bersabda,” Bayarlah zakat, karena ia merupakan sesuatu yang mensucikan. Allah swt ( dengan perantaraan zakat ) akan mensucikan kalian.” Dalam sebuah hadits lainnya disebutkan,” Jagalah harta kalian dari kotoran dosa-dosa atau kesia-siaan. Obatilah orang sakit dengan sedekah, dan siapkanlah doa untuk menjaga dirimu dari bencana.” ( Kanzul Ummal ). Dalam hadits lain juga disebutkan,” Jagalah harta kalian dengan perantaraan zakat. Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, dan mohonlah perlindungan kepada-Nya dengan kerendahan hati, dan mohonlah perlindungan dari bencana melalui doa.” ( Kanzul Ummal ).

Kemudian dalam hadits di atas, Rasulullah saw menerangkan dalil dibolehkannya mengumpulkan harta dengan bersabda,” Adanya perintah tentang warisan itu menunjukkan bolehnya seseorang mengumpulkan harta. Lalu apa yang akan dibagi-bagikan sebagai warisan jika seseorang tidak memiliki harta?” Setelah itu Rasulullah memperingatkan dengan bersabda,” Walaupun hal ini dibenarkan, harta bukanlah sesuatu yang baik untuk disimpan, tetapi hendaknya dibelanjakan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

This blog wanna share to all of you about greatness and amazing benefit of sedekah or giving. You wanna find that if we make sedekah, it will not decrease your wealth.

Let's read and get yourself enlightened !!

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP