Rabu, 16 Desember 2009

Bab I Keutamaan Menginfakkan Harta, - Hadits ke-2

Hadits ke-2

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Nabi saw. bersabda, "Ketika seorang hamba berada pada waktu pagi, dua malaikat akan turun kepadanya, lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah pahala kepada orang yang menginfakkan hartanya.' Kemudian malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil." (Muttafaq 'Alaih- Misykdt).

Keterangan



Dalam Ayat ke-20 yang lalu terdapat penegasan terhadap hadits ini yang maksudnya adalah, apa saja yang kita infakkan, maka Allah swt. akan menggantinya. Berkenaan dengan hal tersebut banyak dikutip riwayat-riwayat lain yang mendukung penegasan maksud tersebut. Abu Darda' r.a. meriwayatkan sabda Nabi saw. bahwa ketika matahari terbit, muncullah malaikat yang menyeru dari dua arah. Semua makhluk mendengar seruannya, kecuali jin dan manusia. Diserukan, "Wahai manusia, berjalanlah ke arah Rabbmu. Sesuatu yang sedikit tetapi mencukupi keperluan, itu lebih baik daripada sesuatu yang banyak tetapi menyebabkan lalai kepada Allah swt.." Dan ketika matahari terbenam, dua malaikat muncul dari dua arah lalu berdoa dengan suara keras, "Ya Allah, berilah balasan kepada orang-orang yang menafkahkan hartanya, dan binasakanlah orang-orang yang bakhil dalam menginfakkan hartanya." ('Allamah 'Aini dari Riwayat Ahmad).
Dalam sebuah hadits yang lain diterangkan bahwa apabila matahari terbit, maka dua malaikat muncul dari dua sisinya seraya berseru, "Wahai Allah, berilah balasan segera kepada orang yang menafkahkan hartanya. Wahai Allah, binasakanlah segera harta orang yang bakhil dalam menginfakkannya." Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa di atas langit ada dua malaikat yang ditugaskan untuk mengurusi hal ini tanpa diserahi tugas yang lain. Mereka berkata, "Wahai Allah, berilah balasan kepada orang-orang yang berinfak." Malaikat yang lain berkata, "Wahai Allah, berilah kebinasaan kepada orang-orang yang menahan hartanya." (Kanzul-'Ummal)
Dari hadits di atas dapat diketahui bahwa seruan malaikat tersebut tidak hanya dikhususkan pada waktu pagi dan sore. Sepanjang waktu, mereka berdoa seperti itu. Tetapi dalam riwayat yang lain disebutkan bahwa para malaikat berdoa khusus seperti itu pada waktu matahari terbit dan terbenam. Kenyataan dan pengalaman yang dapat dilihat menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mengumpulkan dan menyimpan harta telah disulitkan oleh hartanya sendiri, sehingga menyebabkan harta mereka binasa. Sebagian dari mereka ada yang menghadapi kasus sehingga harus berurusan dengan pengadilan, sebagian lagi menghabiskan harta mereka dalam permainan, ada pula yang menjadi sasaran para pencuri, dan sebagainya. Ibnu Hajar rah. a. menulis bahwa terkadang suatu kehancuran terjadi pada hartanya, terkadang juga menimpa pemiliknya, dan terkadang pemiliknya dijauhkan dari amal shalih. Sebaliknya, barangsiapa menafkahkan hartanya, maka hartanya akan diberkahi. Bahkan dalam sebuah hadits dikatakan bahwa barangsiapa menyedekahkan hartanya dengan baik, maka Allah swt. Akan menjaga harta yang ditinggalkannya. (Ihya'). Yakni, bahkan setelah kematiannya, ahli warisnya tidak merusak hartanya dan tidak membelanjakan hartanya untuk hal yang sia-sia. Apabila harta tidak disedekahkan, pada umumnya harta tersebut mendatangkan akibat buruk kepada anak-anaknya setelah ia meninggal dunia. Imam Nawawi rah.a. menulis bahwa pengeluaran harta yang disukai adalah pengeluaran untuk amal-amal yang baik, menafkahi keluarga, menjamu tamu, dan sebagainya. Qurthubi rah.a. berkata bahwa membelanjakan harta seperti ini termasuk ibadah fardhu dan sunnah. Akan tetapi, jika seseorang tidak membelanjakan hartanya untuk ibadah sunnah, maka ia tidak termasuk yang didoakan dalam keburukan tersebut. Akan tetapi dengan tidak menggunakannya untuk ibadah sunnah, berarti ia telah berbuat kikir, sehingga membelanjakan hartanya untuk ibadah yang fardhu dengan hati yang ikhlas tentu akan terasa sulit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

This blog wanna share to all of you about greatness and amazing benefit of sedekah or giving. You wanna find that if we make sedekah, it will not decrease your wealth.

Let's read and get yourself enlightened !!

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP