Rabu, 16 Desember 2009

Bab I Keutamaan Menginfakkan Harta, - Ayat ke-3

Ayat ke-3





"Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah swt., dan janganlah menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (Q.s. Al-Baqarah: 19)

Keterangan
Hudzaifah r.a. berkata bahwa yang dimaksud dengan janganlah menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan adalah tidak mau menginfakkan harta di jalan Allah karena takut miskin. Ibnu Abbas r.hum. berkata bahwa maksud menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan bukan terbunuhnya seseorang di jalan Allah swt., tetapi tidak mau membelanjakan harta di jalan Allah swt.. Dhahhak bin Jubair r.a. berkata bahwa orang-orang Anshar selalu membelanjakan harta di jalan Allah swt. dan selalu bersedekah. Pernah suatu ketika, pada saat terjadi kelaparan selama setahun, pikiran mereka menjadi kalut sehingga mereka tidak mau menginfakkan harta mereka di jalan Allah swt.. Terhadap peristiwa inilah ayat tersebut diturunkan. Aslam r.a. berkata, "Ketika kami ikut serta dalam peperangan Konstantinopel, tiba-tiba sepasukan orang kafir yang besar jumlahnya datang untuk menyerang kami. Pada waktu itu, seseorang dari kaum muslimin masuk ke dalam barisan orang-orang kafir seorang diri sambil membawa pedang. Orang-orang Islam lainnya berteriak bahwa orang tersebut telah menjerumuskan dirinya ke dalam kebinasaan. Abu Ayyub Anshari r.a. yang juga ikut serta dalam pertempuran tersebut berkata bahwa yang demikian itu bukan menjerumuskan diri ke dalam kebinasaan. Ia berkata, "Mengapa kalian mengartikan ayat tersebut seperti itu, ayat ini turun berkenaan dengan peristiwa yang kami alami. Ketika Islam mulai berkembang dan telah bermunculan para pembela agama, diam-diam kami, orang-orang Anshar, berpikir bahwa sekarang Allah swt. telah memberikan kemenangan kepada Islam dengan lahirnya para pembela agama, sedangkan harta benda kami seperti sawah, ladang, dan sebagainya, karena lama tidak terurus mulai rusak. Untuk itu, kami bermaksud untuk mengurusi dan memperbaiki sawah ladang. Terhadap peristiwa itulah ayat tersebut diturunkan. Dengan demikian, yang dimaksud menjerumuskan diri dalam kebinasaan adalah sibuk mengurusi harta kekayaan sendiri dan meninggalkan jihad." (Durrul-Mantsur).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

This blog wanna share to all of you about greatness and amazing benefit of sedekah or giving. You wanna find that if we make sedekah, it will not decrease your wealth.

Let's read and get yourself enlightened !!

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP