Senin, 07 September 2009

Bab IV Pentingnya Zakat dan Keutamaannya - Ayat ke-2

Ayat ke-2



“ Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertaqwa, yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.” ( QS Al A’raaf: 156 )

Dinukilkan dari Hasan rah.a. dan Qatadah rah.a. bahwa rahmat Allah swt di dunia meliputi semua orang, baik orang sholeh maupun orang jahat. Akan tetapi, di akhirat, rahmat Allah swt hanya akan diberikan kepada orang-orang yang bertaqwa saja. Pada suatu ketika, seorang Arab Badui datang ke masjid Nabawi dan setelah sholat ia berdoa,” Ya Allah, turunkanlah rahmat-Mu kepadaku dan Muhammad saw saja dan jangan biarkan orang lain mendapatkan bagian rahmat-Mu bersama kami.” Mendengar doa orang tersebut, Rasulullah saw. bersabda,” engkau telah membatasi keluasan ramat Tuhanmu. Allah swt membagi rahmat-Nya menjadi seratus bagian. Satu rahmat telah diturunkan di dunia dan dibagi ke seluruh dunia. Oleh karena itu, seluruh makhluk baik jin, manusia ataupun binatang saling menyayangi. ( kepada anak-anak mereka, sanak keluarga dan yang lain ). Sedangkan 99 bagian rahmat sisanya, disimpan di sisi-Nya.”
Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa rahmat Allah ada seratus bagian. Satu bagian telah diturunkan kepada seluruh makhluk, sehingga dengannya mereka saling mengasihi, dan bahkan hewan-hewan pun mengasihi anak-anaknya. Di samping itu, Allah swt masih menyimpan 99 bagian yang akan diberikan pada hari kiamat. Masih banyak lagi hadits-hadits yang menerangkan tentang hal ini. ( Durrul Mantsur )

Sungguh suatu hal yang menggembirakan betapa ibu begitu sayang kepada anak-anaknya, sampai-sampai sedikit saja anak mengalami kesusahan, maka ia atidak akan merasa tenang. Seorang ayah pun akan merasa sedih jika anak-anaknya mengalami suatu musibah. Demikian pula terhadap kaum kerabat, keluarga, suami istri, atau orang lain akan merasa kasihan apabila melihat yang lain mengalami kesusahan. Semua ini merupakan perwujudan dari rahmat Allah swt yang diletakkan di dalam hati makhluknya. Jika rahmat di seluruh dunia ini dikumpulkan menjadi satu, maka jumlahnya itu hanya satu persen dari rahmat Allah keseluruhan, sedangkan sisanya yang 99 persen, masih tersimpan di sisi-Nya. Betapa tidak malu dan betapa zalimnya jika ada orang yang tidak menghiraukan perintah Dzat Yang Maha Penyayangdan Maha Pengasih. Apabila ada seorang ibu yang sangat sayang kepada anaknya, kemudian anaknya itu tidak menghiraukan perintah-perintahnya, maka alangkah sedih hati ibu itu. Padahal kasih sayang seorang ibu, tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kasih sayang Allah swt. Oleh karena itu , bisa dibayangkan jika manusia melalaikan perintah-perintah-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

This blog wanna share to all of you about greatness and amazing benefit of sedekah or giving. You wanna find that if we make sedekah, it will not decrease your wealth.

Let's read and get yourself enlightened !!

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP