Senin, 07 September 2009

Bab II Celaan Terhadap Kebakhilan/ Kekikiran - Ayat ke-1

Dari semua ayat dan hadits mengenai membelanjakan harta di jalan Allah SWT, yang telah disajikan dalam Bab I, jelaslah bahwa faedah, keutamaan dan kebaikan membelanjakan harta di jalan Allah ini sangat banyak. Maka jika seseorang mengabaikan sedekah, manfaat-manfaat itu tentu saja tidak akan diperoleh. Di samping memperoleh celaan, orang yang tidak mau bersedekah akan mengalami kerugian yang sangat besar. Untuk itu, Allah SWT dan Rasul-Nya memberikan ancaman secara khusus terhadap perbuatan bakhil dan menyimpan harta. Pada dasarnya, ancaman ini sebagai wujud kasih sayang-Nya terhadap umat ini agar tidak terjerumus ke dalam penyakit yang membinasakan ini. Setiap pokok persoalan telah disebutkan di dalam Al Qur’an dan hadits dengan sebanyak-banyaknya. Dengan judul yang berbeda-beda, kita telah dianjurkan berbuat kebaikan dan kita juga diperingatkan supaya meninggalkan segala macam keburukan. Tetapi sulit untuk membicarakan satu pokok persoalan secara keseluruhan. Sebagai contoh, di sini akan ditulis beberapa ayat dan hadits.

Ayat-ayat Al Qur'an Mengenai Kebakhilan

Ayat ke-1

“ Dan belanjakanlah ( harta bendamu ) di jalan Allah dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan. Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” ( Al Baqarah: 195 )

Keterangan
Ayat ini telah diketengahkan dalam Bab I ayat ke -3. Dalam ayat ini telah dinyatakan bahwa orang yang tidak membelanjakan hartanya di jalan Allah, berarti telah menjatuhkan dirinya ke dalam kebinasaan dan kehancuran. Sebagaimana telah diriwayatkan dari para shahabat r.hum secara terperinci, orang yang mengumpulkan harta berarti menginginkan kebinasaan dan kehancuran bagi dirinya. Akan tetapi, berapa banyak manusia yang setelah tahu bahwa perbuatan ini merupakan penyebab kebinasaan dan kehancuran, lalu menghindarinya dan tidak mengumpulkan harta? Adakah penyebab yang lain selain kelalaian telah menutupi hati mereka? Dengan tangan kita sendiri, kita telah mencampakkan diri kita ke dalam kebinasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

This blog wanna share to all of you about greatness and amazing benefit of sedekah or giving. You wanna find that if we make sedekah, it will not decrease your wealth.

Let's read and get yourself enlightened !!

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP