Kamis, 07 Oktober 2010

Bab 5 Ancaman Bagi yang Tidak Menunaikan Zakat - Hadits ke-3

Hadits ke-3

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud r.a., ia berkata, "Kami diperintahkan untuk menegakkan shalat dan membayar zakat. Barangsiapa tidak menunaikan zakat, maka tidak ada shalat baginya (shalatnya tidak diterima). ( H.R. Thabrani; Kitab Targhib)

Keterangan
Apabila seseorang tidak menunaikan zakat, maka shalat yang dilakukannya'tidak akan mendapat pahala dari Allah swt., sekalipun ia telah menunaikan kewajiban shalatnya. Sebuah hadits lain menyebutkan, "Barangsiapa tidak menunaikan zakat, ia bukanlah seorang muslim yang sempurna, dan seluruh amal shalihnya tidak akan bermanfaat baginya." ( Kitab Targhib ). Maksud dari sabda Rasulullah tersebut adalah amal-amal shalihnya tidak dapat membelanya untuk mencegah adzab yang telah ditentukan baginya disebabkan ia tidak menunaikan zakat. Adzab karena tidak menunaikan zakat tidak akan diakhirkan hingga ia menunaikannya. Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa orang yang tidak membayar zakat, ia dianggap tidak beragama. ( Kitab Kanzul-'Ummal ). Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa Allah swt. tidak menerima shalat seseorang yang tidak menunaikan zakat. Allah swt. telah menggabungkan antara perintah mengerjakan shalat dengan perintah membayar zakat (dalam beberapa tempat) di dalam Al-Qur'an. Oleh karena itu, hendaknya jangan memisahkan antara shalat dan zakat. ( Kanzul-'Ummal ). Maksud memisahkan antara shalat dengan zakat adalah mengerjakan shalat, tetapi tidak menunaikan zakat.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

This blog wanna share to all of you about greatness and amazing benefit of sedekah or giving. You wanna find that if we make sedekah, it will not decrease your wealth.

Let's read and get yourself enlightened !!

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP